MALUKU TENGGARA BARAT DAN BANJARNEGARA DI GUNCANG GEMPA BUMI


taganapelalawan.com - Gempa kembali terjadi di daerah Maluku Tenggara Barat pukul 16:06:13 WIB. Magnitude gempa 6,0 SR. Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 78 Km pada koordinat 7.48 LS,130.21 BT (129 km Barat Laut Maluku Tenggara Barat). 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Meskipun ada goncangan yang cukup kuat di daerah Maluku Tenggara Barat selama 5 detik, dan belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut," ujar Sutopo, Sabtu (21/11/2015).

Sebelumnya, hari ini juga masyarakat Banjarnegara, Jawa Tengah dikejutkan 2 kali gempa yaitu gempa 3,2 SR pada pukul 10.32 WIB dan gempa 3,4 SR pukul 12.27 WIB. 

"Pusat gempa di darat, 16 km tenggara dan barat daya Banjarnegara di kedalaman 10 km," ujar Sutopo. 

Gempa mengejutkan masyarakat dan sebagian segera keluar rumah. Intensitas gempa II-III MMI dan dirasakan lemah. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut. 

Masyarakat diimbau untuk melakukan pengecekan lereng perbukitan dan lingkungannya kemungkinan adanya retakan yang dapat memicu longsor saat hujan.

Selain itu, gempa juga terjadi Ternate. Pusat gempa yang berasal di laut dan di darat sejak 17 November 2015 hingga sekarang, masyarakat di Ternate dan Jailolo merasakan guncangan gempa hingga IV MMI.

"Tidak ada korban jiwa dan laporan kerusakan rumah," tandas Sutopo. 

sumber : lipitan6.com
close