WARGA SIAP UNGSIKAN TERNAK JIKA GUNUNG RAUNG MELETUS

foto by : www.lensaindonesia.com

taganapelalawan.com - Sebanyak 477 hewan ternak milik warga di Desa Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoson Jawa Timur (Jatim), yang terdekat dengan kawah Gunung Raung siap diungsikan jika sewaktu-waktu gunung itu meletus.

"Ratusan hewan itu milik warga Dusun Legan dan Dusun Darungan. Jumlahnya 305 kambing dan 172 ekor sapi. Selain itu ada juga tiga ekor kuda," kata Kepala Desa Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso, Pratikno, ketika ditemui saat mengunjungi warganya di Dusun Legan, Sabtu (4/7).

Sementara itu, jumlah warga yang juga siap diungsikan sebanyak 1.002 jiwa, terdiri atas 611 orang warga Dusun Darungan dan 391 warga Dusun Legan. Mereka juga diinformasikan untuk sewaktu-waktu mengungsi, jika Gunung Raung meletus.

Dusun Legan, Desa/Kecamatan Sumber Wringin merupakan lokasi terdekat dengan kawah gunung berketinggian sekitar 3.332 meter di atas permukaan laut itu. Dusun Legan, dengan penduduk 391 jiwa itu berada sekitar 10 kilometer (km) dari kawah, sementara Darungan sekitar 12 km.
Untuk kepentingan pengungsian jika Raung meletus, sebanyak 80 sepeda motor milik penduduk dan sembilan mobil sudah disiapkan, selain armada milik pemerintah daerah.

Sementara itu, jalur pengungsian dari Dusun Legan menuju posko dan tenda pengungsian di lapangan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sumber Wringin sejauh sekitar 5 km dan kondisinya rusak parah.

Jalan berbatu itu berdebu dan becek, jika hujan turun. Selain itu, ada beberapa tikungan terjal yang jika tidak hati-hati menjalankan kendaraan bermotor bisa menimbulkan kecelakaan.
"Tahun lalu, waktu ada kegiatan simulasi pengungsian. Beberapa warga diketahui jatuh terpeleset di jalur tanjakan dan menikung. Untung waktu itu hanya luka lecet," kata Pratikno.
Direncanakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso akan memasang tanda jalur pengungsian dari Dusun Legan ke posko pengungsian.

sumber : http://www.beritasatu.com


close