JIKA MASIH KABUT ASAP PRESIDEN SIAP NONGKRONG DI RIAU


taganapelalawan.com (11/01/2015). Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saban tahun terjadi Siak dan Riau.

"Presiden Jokowi mengancam akan menongkrongi Riau, menunggu hingga Karhutla padam," tegas Alfedri dalam rapat Forum Sinkronisasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, di Kantor Bupati Siak, Jumat (9/1/2015).

Ia menjelaskan, penyataan itu langsung disampaikan Presiden Jokowi melalui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, pada rapat pembahasan antisipasi Karhutla bersama gubernur dan seluruh kepala daerah, Kamis (8/1), di Pekanbaru.

Alfedri meminta seluruh warga Siak ikut berperan serta mengantisipasi terjadinya karhutla. "Jangan sampai kita masyarakat Riau malu. Presiden sampai turun tangan mengatasi karhutla," pinta Alferdi.

Bupati Siak, Syamsuar, juga menekankan kepada seluruh perusahaan yang ada di Siak untuk proaktif mengawasi areal HGU atau HTI diberikan pemerintah kepada mereka. Jangan sampai terjadi kebakaran.
"Belajar dari pengalaman tahun lalu, ada beberapa perusahaan yang tidak bisa mengamankan arealnya dan banyak terjadi kebakaran. Jangan sampai terjadi lagi hal yang demikian,"tegasnya.

Ia mengungkapkan, tahun lalu, ada empat perusahaan di Siak terpantau terdapat banyak titik api, antara lain PT MEG PT TFDI, PT AA, dan PT SSL. "Empat perusahaan ini telah mendapat audit dari UKP4, karena banyak titik api di arealnya. Jangan sampai kemudian hari ada perusahaan lain," pungkasnya.
sumber : http://pekanbaru.tribunnews.com
close