Waspada Penyakit Yang Sering Muncul Akibat Banjir ! Masyarakat Pelalawan Terdampak Banjir Sungai Kampar

Tagana Pelalawan - Banjir merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia, terutama di kota-kota besar yang memiliki daerah resapan air kurang memadai. Banjir juga menjadi masalah yang sampai saat ini masih menjadi perhatian. Hal ini dikarenakan banjir dapat mempengaruhi berbagai sektor kehidupan masyarakat, baik terganggunya perputaran ekonomi, transportasi, hingga masalah kesehatan.


Menurut Kementerian Kesehatan RI, ada tujuh penyakit yang sering muncul akibat banjir, yaitu diare, leptospirosis, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), penyakit kulit, penyakit saluran pencernaan, tifoid, dan penyakit menular seperti demam berdarah atau malaria (Kemenkes RI, 2013).

Pencegahan Penyakit Penyerta Banjir
Dengan mengetahui berbagai macam jenis penyakit yang akan mengintai saat terjadinya banjir, diharapkan masyarakat dapat bersegera dalam melakukan pencegahan, seperti rutin membersihkan lingkungan, meningkatkan daya tahan tubuh melalui aktivitas fisik dan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, hingga bersegera dalam melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit.

Berbagai langkah pencegahan diatas, tidak hanya akan memberikan tubuh yang sehat, namun juga membantu melestarikan lingkungan hidup dan meminimalisir potensi terjadinya banjir di Indonesia.

--- Tagan Pelalawan ---

close