Tagana Pelalawan : 10 Peralatan Wajib "DIBAWA" Untuk Mendaki Gunung !


TaganaPelalawan.com - Peralatan Mendaki Gunung yang Perlu Dibawa Mendaki merupakan olahraga di alam terbuka di mana semua hal bisa terjadi. Untuk itu, peralatan mendaki gunung pun perlu dipersiapkan dengan baik.

Adapun beberapa barang yang harus dibawa saat naik gunung adalah sebagai berikut:

1. Peta dan Alat Navigasi
Ketika berada di alam terbuka yang terlihat tidak familiar, diperlukan peta dan alat navigasi handal yang dapat membantumu dan kawan-kawan tiba di pos gunung selama pendakian. Jika ragu untuk melanjutkan perjalanan, gunakanlah fitur GPS di smartphone untuk membantumu menemukan kembali ke jalur pendakian.

2. Sepatu Mendaki
Salah satu peralatan mendaki gunung yang sangat penting untuk diingat adalah sepatu mendaki. Usahakan untuk memakai sepatu yang membuat kaki merasa nyaman. Pakailah sepatu gunung atau sepatu boot untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama mendaki.

3. Botol Air
Air putih adalah salah satu hal penting yang perlu dibawa saat naik gunung. Maka dari itu, persiapkanlah botol yang bisa menampung air putih secukupnya untuk kebutuhan mendaki. Konsumsilah setengah liter air per jam saat menelusuri trek dengan tingkat kesulitan medium pada suhu sedang. Bawalah air putih dalam secukupnya ketika berangkat mendaki. Lalu, pastikan untuk menandai titik-titik pengambilan air bersih untuk mengisi kembali botol air di tengah pendakian.

4. Peralatan Masak
Selain peralatan mendaki gunung, bawalah alat masak untuk kebutuhan konsumsi makanan selama pendakian. Adapun bahan makanan yang perlu dibawa saat mendaki gunung adalah makanan padat kalori untuk membuatmu lebih bertenaga. Untuk peralatan masak, cukup bawa nesting, kompor, dan panci kecil. Kamu pun juga bisa membuat api sendiri dengan menggunakan kayu bakar jika tidak ingin repot membawa kompor.

5. Pakaian yang Sesuai
Cuaca di pegunungan tidak bisa diprediksi. Hari yang cerah bisa saja berubah menjadi gelap dengan hujan deras berangin. Untuk itu, pakailah pakaian berlapis guna mengantisipasi perubahan cuaca dan tingkat kesulitan aktivitas yang tidak bisa diprediksi selama pendakian.

Adapun jenis pakaian yang termasuk sebagai peralatan mendaki gunung adalah pakaian berbahan hangat, seperti topi hangat dan baju berbahan katun. Di samping pakaian yang menghangatkan badan, pastikan untuk membawa jas hujan atau jaket anti air. Dengan begitu, tubuh pun akan tetap hangat dan terlindungi dari air hujan.

6. Perlengkapan Keamanan
Agar dapat mengantisipasi keadaan yang membahayakan, persiapkan perlengkapan keamanan, seperti senter, headlamp, korek api, dan peluit. Peralatan mendaki gunung tersebut akan sangat membantumu jika tersesat dan tidak dapat menelusuri jalan dengan tepat dalam kegelapan.

7. Kotak P3K
Di samping perlengkapan keamanan, pastikan juga untuk membawa kotak P3K untuk memenuhi kebutuhan pengobatan cedera atau penyakit selama pendakian. 

Adapun beberapa obat-obatan yang perlu dibawa sebelum naik gunung adalah:
  • Gulungan kasa steril.
  • Pembersih berbahan dasar alkohol.
  • Pinset.
  • Salep antiseptik.
  • Perban cair.
  • Sarung tangan lateks.
  • Ibuprofen dan antihistamin.
  • Bubuk elektrolit.
8. Pisau Lipat atau Multi-Tool
Ketika naik gunung, kamu akan menemui kebutuhan tak terduga yang mengharuskanmu untuk menyayat atau memotong sesuatu. Untuk itu, bawalah pisau lipat atau multi tool. Peralatan mendaki gunung ini dapat membantu memperbaiki perlengkapan mendaki, seperti memotong tali. Di samping itu, pisau lipat atau multi tool bisa mempercepat proses pertolongan pertama, seperti merobek kain yang menghalangi pengobatan luka di area tubuh tertentu.

9. Tenda dan Alat Tidur
Perlengkapan yang perlu dibawa saat naik gunung satu ini tidak kalah pentingnya. Pendaki gunung pastinya sudah familiar dengan keperluan memasang tenda selama pendakian. Tidak hanya tenda, perlengkapan lainnya seperti alat tidur juga diperlukan untuk memberikan perlindungan terhadap suhu dingin di pegunungan. Agar tubuh tidak kedinginan selama tidur di dalam tenda, persiapkan juga selimut yang bisa menghangatkan badan.

10. Perlindungan terhadap Sinar Matahari
Ketika mendaki, pastikan untuk membawa perlengkapan untuk melindungi diri terhadap sinar matahari. Tabir surya (sunscreen) bukanlah satu-satunya barang yang perlu dibawa. Di samping tabir surya, pakailah topi dan kacamata untuk mengoptimalkan perlindungan terhadap sinar UV yang memiliki indeks tinggi di pegunungan.
 
Itu dia peralatan mendaki gunung yang perlu dibawa untuk memastikan keamanan selama aktivitas pendakian berlangsung.Agar semakin nyaman ketika mendaki gunung, gunakanlah Soffell untuk mencegah gigitan nyamuk yang ada di alam terbuka.

Soffell mengandung DEET yang merupakan bahan aktif yang dapat mencegah nyamuk mencium keringatmu selama mendaki gunung.

--- Tagana Pelalawan --- 

close