Sunday, 25 September 2016

LONGSOR BANJARNEGARA MENELAN KORBAN JIWA!

Longsor - Ilustrasi
taganapelalawan.com - Bencana Longsor kembali menimpa negeri kita indonesia, dirilis kompas.com - Bencana Longsor terjadi di Dusun Tambak Sari, Desa Sidengok, Kecamatan Peawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2016) pukul 07.00 WIB. Longsoran tanah tersebut menimpa rumah milik Sugianto, pria berusia 57 tahun.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya menyebutkan bahwa kejadian tersebut dipicu hujan deras yang terjadi sejak Sabtu (24/9/2016) siang.

"Longsor dipicu akibat hujan deras yang terjadi pada hari Sabtu 24 September 2016 sejak jam 12.00 hingga malam hari," kata Sutopo, Minggu (25/9/2016).

Sutopo mengatakan, satu orang dinyatakan tewas akibat kejadian tersebut. Korban bernama Nurhaidin (21).

Sutopo menjelaskan, saat terjadinya longsor pada pukul 07.00 WIB, Nurhaidin sedang berada di belakang rumah. "Ia sedang membetulkan saluran air yang berada di belakang rumah," kata Sutopo.

Tiba-tiba, lanjut dia, tanah tebing setinggi 15 meter dengan lebar 40 meter yang berada di atas rumah tersebut mengalami longsor hingga akhirnya menimbun rumah milik Sugianto dan juga korban, yakni Nurhaidin.

Sutopo mengatakan, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara dibantu relawan dan masyarkat setempat melakukan pencarian korban.

"Korban berhasil ditemukan pada hari minggu 25 sept 2016 jam 10.30 WIB dan berhasil dievakuasi jam 11.10 wib oleh Tim TRC BPBD BANJARNEGARA, TNI, Polri, PMI banjarnegara dibantu relawan dan masyarakat setempat," kata dia.

Setelah itu, Nurhaidin langsung diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimandikan dan makamkan.

sumber : kompas.com