Tuesday, 25 August 2015

LONSOR YALIMO - PAPUA, 8 KARYAWAN PT.PAB DINYATAKAN HILANG

taganapelalawan.com - 8 Karyawan PT Papua Abadi Bersatu (PAB) masih dinyatakan hilang pasca longsor yang terjadi di sekitar Kali Leg, Distrik Apalapsili, Kabupaten Yalimo, Minggu, 23 Agustus 2015.  8 orang tersebut adalah Ardi Padidik (32 tahun), Yoseph Nussy (47 tahun), Versus Peon (15 tahun), Yopi Kepno (35 tahun), Lasarus Wantik (32 tahun), Wilumus Wantik (10 tahun), Ismail alias Mail (30 tahun), dan Ferdy (40 tahun).

Kepala Bidang Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Kombes Pol Rudolf Patrige mengatakan, upaya evakuasi hari ini dipimpin langsung oleh Kapolres Jayawijaya dan Danramil setempat.

"Upaya evakuasi sejak sore kemarin masih terhalang dengan kondisi geografis yang banyak longsoran dan cuaca tidak mendukung pencarian. 8 korban belum diketahui keberadaannya, masih dilakukan pencarian," kata Patrige di Jayapura, Selasa (25/8/2015).

Bencana longsor yang terjadi menurut Patrige dikarenakan hujan deras yang mengguyur lokasi camp tersebut selama semalaman. Apalagi tanah longsor berdekatan dengan aliran sungai.

"Sampai saat ini, kami tidak mengetahui, apakah  8 orang yang dinyatakan hilang ini terbawa arus sungai atau tertimbun tanah longsor. Saat kejadian, karyawan PT PAB yang hidup di camp sedang melakukan pembangunan jalan," ujar Patrige.

Humas Search and Rescue (SAR) Jayapura Yudianto mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua.

"Tim BPBD sudah berada di lokasi, kami masih menunggu instruksi dari BPBD. Jika memang BPBD meminta kami memberangkatkan tim, akan dikirim satu regu tim atau sekitar 5-8 personel tim SAR yang saat ini sudah berada di Pos SAR Wamena," tukas Patrige.

sumber : liputan6.com