KRI KAPITAB PATTIMURA TEMUKAN 2 MAYAT DIDUGA KORBAN KAPAL TENGGELAM

batamtoday.com 
taganapelalawan.com - Diduga adalah bagian dari 11 awak kapal dan pemancing dari KM Hujan Labek 02 yang tenggelam di perairan Lampung pada Jumat (14/8) dini hari lalu.

Diperoleh keterangan, kedua jasad ditemukan berdasar laporan radio, Senin (24/8) sekira pukul 14.00 WIB oleh salah satu kapal penyeberangan LCT BNR yang tengah dalam perjalanan dari Bakauheni menuju Pelabuhan Bojonegara kepada pihak otoritas pelabuhan di Banten.

Mendengar kabar itu, kapal perang (KRI Kapitan Pattimura) yang tengah melakukan Latihan Penanggulangan Bencana di Perairan Banten, langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan proses evakuasi. Setelah ditemukan jasad ke dua jenazah kemudian dievakuasi menuju Pelabuhan Indah Kiat, Merak.

“Kebetulan pada saat itu KRI Kapitan Pattimura sedang melakukan pelatihan penanggulangan bencana. Kru langsung bergerak untuk melakukan evakuasi terhadap jasad korban,” ujar Danlanal Banten, Kolonel Laut (P) Judijanto saat ditemui di Pelabuhan Indah Kiat, Merak.

Ia memaparkan, korban ditemukan dengan posisi pada kordinat 05. 51.596 S – 105 50 933 E tepatnya 5 mil di sebelah timur Pulau Sanghyang. Sementara satu jasad mayat lainnya, diketahui telah dievakuasi ke daerah Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

“Kondisi mayat sudah tidak ada kepala, tangan dan kaki sudah tidak utuh lagi. Jasad mengenakan pakaian merek Polo. Dan kita temukan dada sebelah kiri terdapat tato gambar kucing atau singa,” jelasnya.

Lebih jauh, pihaknya belum dapat mengaitkan penemuan mayat tersebut dengan hilangnya korban awak kapal Hujan Labek 02 yang telah dinyatakan hilang. Untuk memastikan itu, mayat yang ditemukan langsung dievakuasi ke rumah sakit dan langsung dilakukan proses otopsi.
“Belum bisa kita pastikan. Nanti akan kita kroscek dengan laporan dari keluarga korban hilang dari KM Hujan Labek 02. Kalau memang tidak bisa diidentifikasi oleh keluarga korban, maka kemungkinan akan dilakukan tes DNA,” tandasnya.
close