TAGANA PELALAWAN KUNJUNGI KORBAN PUTING BELIUNG BERSAMA BUPATI


taganapelalawan.com (08/01/2015). Dalam rangka memberikan tanggapan yang sigap terhadap infomasi bencana anggota tagana pelalawan wilayah teluk meranti. Tagana Pelalawan Beserta Bupati Pelalawan H.M Harris dan rombongan kunjungi korban bencana Angin Puting Beliung di Desa Pulau muda Kec. Teluk Meranti.

Ardianto saat di hubungi melalui akun BBMnya mengatakan bahwa kunjungan ini akan juga dilanjutkan ke Teluk Meranti untuk melihat 2 (dua) kejadian kebakaran di Teluk Meranti yang terjadi tadi malam (subuh). Ujar Ketua Forkom TAGANA Siaga Pelalawana Tersebut kepada taganapelalawan.com

Puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit. 

Orang awam menyebut angin puting beliung adalah angin Leysus, di daerah Sumatera disebut Angin Bohorok dan masih ada sebutan lainnya. Angin jenis lain dengan ukuran lebih besar yang ada di Amerika yaitu Tornado mempunyai kecepatan sampai 320 km/jam dan berdiameter 500 meter. 

Angin puting beliung sering terjadi pada siang hari atau sore hari pada musim pacaroba. Angin ini dapat menghancurkan apa saja yang diterjangnya, karena dengan pusarannya benda yang terlewati terangkat dan terlempar.

Sisa Kebakaran yang Terjadi di Teluk Meranti pada pukul 04.00 WIB, 08/01/2015
Kerusakan Loss Pasar Pulau Muda akibat Puting Beliung

close