JENIS AWAN BERBAHAYA BAGI PENERBANGAN

taganapelalawan.com (10/01/2015). Awan adalah massa yang dapat dilihat dari tetesan air atau kristal beku tergantung di atmosfer di atas permukaan bumi atau permukaan planet lain. Berikut beberapa awan yang tergolong berbahaya bagi penerbangan :


Awan Pancake atau Awan UFO

Apakah Anda pernah melihat awan pancake? Awan ini biasanya terdapat di daerah puncak gunung dan dataran tinggi. Dilihat dari bentuknya, memang tampak seperti piring terbang atau kue dadar. Di daerah sekitar awan ini biasa terjadi embusan angin yang kuat dan kencang. Embusan angin yang kuat ini sangat berbahaya bagi pesawat yang melintasi daerah tersebut. Apabila ada pesawat yang nekat melewati awan itu, maka pesawat tersebut bisa kehilangan kendali. Untuk itu, kita sebaiknya waspada apabila saat kita sedang terbang melewati awan ini.


Awan Mammatus




Awan Mammatus jarang ada di Indonesia. Namun, kehadiran awan ini biasanya pertanda adanya badai yang besar atau cuaca yang buruk. Awan Mammatus berisi kristal es yang agak tebal.


Awan Vulkanik atau Debu vulkanik

Sebenarnya awan vulkanik itu tidak ada, itu hanya istilah untuk debu vulkanik yang sangat tebal. Dengan kata lain Awan vulkanik adalah versi tebalnya atau besarnya dari debu vulkanik. Meskipun begitu, awan atau debu vulkanik ini tetap saja berbahaya. Dampaknya itu tidak hanya terasa di daratan saja, tetapi bisa juga ke langit. Apalagi kalau ada pesawat yang nekat melewati awan ini. Lebih parah lagi, apabila awan vulkanik /debu vulkanik ini jumlahnya banyak.


Awan Roll Over atau Morning Glory


Awan Roll over sering muncul saat badai dan menyebabkan udara lembab naik, kemudian dingin sampai ke titik tertentu, saat awan tersebut menjadi awan yang dikenal sebagai titik embun. Meskipun terlihat seperti tornado miring, awan ini tidak akan bisa menjadi puting beliung.

Awan Cumulonimbus




Awan Cumulonimbus merupakan awan yang ganas, Mengapa? Hal itu karena awan inilah yang biasanya sering membawa hujan dalam bentuk seperti es batu. Di dalam awan Cumulonimbus, terdapat banyak uap air dan juga aliran listrik. Tidak mengherankan, apabila awan ini sering sekali dijadikan pertanda adanya badai yang kuat.

close